Saturday, 7 April 2018

Tips Traveling ke Turkey

TIPS TRAVELING KE TURKEY
Created by Kun Anta




Hy kawan - kawan Melancong Coy Dunia, kali ini ada Tips untuk kawan - kawan yang ingin Traveling ke Turki dari Sobat kita Kun Anta.

Bagi kankawan yang berencana ke Turki, nih ada beberapa informasi yang bisa kami share...

1. Ke Turki harus urus Visa. Bisa VOA ketika tiba di bandara, tapi beresiko kalau ditolak atau ajukan secara online dengan E-Visa, cuma 10 menit kelar. Biaya visa online $25.


2. Tiket PP (Pulang Pergi) termurah itu via Kuala Lumpur. Kalau lagi promo, beberapa maskapai memberi harga super murah. Seperti Saudia yang mematok harga hanya 6 juta PP transit Jeddah. Seperti saya awal April lalu naik Turkish Airlines tanpa transit dapat promo di harga 8.3 juta PP.

3. Turki menerima 3 jenis mata uang. Turkish Lira, Dollar Amerika dan Euro. Kalau mau kesana, bawa saja dikit uang Dollar. Sisanya bisa tarik uang di ATM atau bawa uang rupiah nanti bisa tukar dengan teman sahabat yang stay disana. Kursnya sama dengan di Indonesia, 1 Tl itu 3500 Rupiah.

4. Harga harga di Turki sangat amat murah apalagi di Eminonu dan Grand Bazzar. Bisa khilaf kalau sudah disana. So siapkan bagasi pulang yg lapang yaaa...

5. Makanan di Turki, menurut saya sih gak cocok di lidah... rata2 rasanya asam dan gak nyaman di lidah. Yang bersahabat cuma Kebap dan Burger saja. Tapi ketika disana, harus coba Chocolate Cake khas Turki. Sedap and lumer di lidah. Rasa sambal disana asam. Jadi mending bawa sambal dari Indonesia.

6. Kalau mau makanan Indonesia, pergi ke daerah Merkez Effendi. Posisi restorannya pas di depan stasiun Tram Merkez Effendi. Rasanya super lezat...

7. Suhu udara di Turki, itu menyenangkan. Kalau April suhu rata-rata antara 4° - 11°C. Namun jika ke Cappadoccia jauh lebih panas. Dan kalau ke Bursa itu sangat dingin.

8. Usahakan atur liburan lebih panjang agar bisa keliling Turki. Karena bikin sakit hati kalau ke Turki dengan waktu yg singkat. Gak cukup buat keliling2...

10. Transortasi di Turkey mudah dan murah. Jauh dekat naik Tram dan Bus hanya 2.5 Tl atau sekitar 10 ribu Rupiah. Taxi juga murah namun jangan naik taxi di pangkalan karena ada calo dan harga jadi lebih mahal.

11. Kalau mau pergi ke Bursa lihat salju, pilih naik kapal saja karena lebih murah dan lebih cepat. Kalau naik bus bakalan meleleh di jalan karena jalanan di Turkey macet parah. Dan jika ingin naik balon udara di Cappadoccia, tiket mending beli online. Karena lebih murah daripada on the spot.

12. Penginapan di Turkey murah meriah. Hotel berbintang rate nya mulai dari 300 ribuan. Hostel di Sulthan Ahmet itu jauh lebih murah. Cuma 5 Tl utk dorm room shared room.

13. Kalau belanja, disana rata2 harga sudah fix. Kita cuma bisa menawar sebanyak 1x. Kalau mereka bilang fix maka jangan tawar. Karena kalau ngotot bakalan diusir.

14. Cari kawan di Turkey sebanyak2 nya sebelum kesana, jadi ada temen buat jalan. Karena masyarakat Turkish rata-rata gak bisa berbahasa Inggris. Komunikasi sedikit sulit disana.

Moga bermanfaat dan bisa menjelajah Turki segera. Dan inilah beberpa foto ketika saya di Turki,

Foto ini diambil di depan gerbang masuk Topkapi Palace. Latar dibelakang adalah Hagya Sofya. Dulunya bangunan ini adalah Gereja, lalu berubah menjadi Masjid pada pemerintahan Ottoman Turki. Dan kini bangunan ini menjadi Museum Nasional Turki

Sahabat couchsurfing asal Maroko. Dia bekerja sebagai Public Relation Manager di salah satu clinic kecantikan. Gajinya 8000 euro euy.. dan dia menguasai 6 bahasa di dunia

Tulip di mana-mana di Sulthan Ahmet Park

Kue2 khas dari Turki. Lupa kemarin nama2nya namun sedap.... mudah ditemukan di Egypt Square

Tas tangan imut nan cantik di deretan toko Egypt Market Eminonu Square. Harganya murah euy cuma 40tl atau 150rb doang

mbak Nurul sahabat di Egypt Square

Oleh2 khas Turki. Kacang2an yang menjadi ciri khas di Egypt Market. Harganya mahal sih... Perkilonya diatas 100tl

Ini nih yg unik.. Coklat yang bentuknya seperti batu2an ini rasanya enak banget... perkilonya 120tl atau sekitar 400rb

Buah pomaded asli yang di jus. Mudah ditemukan disepanjang jalan Eminonu Square

Tulip lagi bermekaran di bulan april

Hagya Sofya 

0 komentar:

Post a Comment