Tuesday, 12 January 2016

Melancong Coy, Bukan Hanya Sekedar Tim



Sejarah Melancong Coy
Awalnya hanya sekumpulan anak muda yang Sedang Galau akan Tugas Kuliah yang selalu bertambah, kami ber-5 yang suka travelling atau jalan jalan membuat sebuah tim “Melancong Coy” supaya bisa menjadi wadah bagi teman - teman yang mempunyai hobi yang sama untuk menghilangkan ke galauan.

Melancong Coy adalah sebuah komunitas yang beranggotakan orang - orang yang menyukai jalan -jalan dengan melakukan suatu perjalanan tanpa mikir panjang yang penting jalan dulu baru mau ngapain disana dan suka-suka aja kapan berangkatnya. Ya begitulah Ciri Khas Tim tersebut.

Melancong Coy sebenarnya gak jelas kapan berdirinya,  sekitar tanggal 14 Desember 2013 yang dimulai dari Launching Video Pertama bersama BLUG (Batam Linux User Group) ke Pantai Melayu Kota Batam dengan Host pertama kami Bang Iezky Tobing. Berdirinya aja nggak jelas, orang orangnya pun juga nggak jelas. Pokonya siapa saja yang ada ketika acara ke Pantai Melayu itu, kami semua sangat sangat berterima kasih. Karena kalian semua, Melancong Coy pun terbentuk. Dan siapa pun yang salah satunya ada di tim Melancong Coy disitulah anggota Melancong Coy.  Kita selalu mengajak beberapa orang yang menyukai hobi sama, ngumpul lalu jalan ketempat yang jarang orang datangi lalu di dokumentasikan melalui artikel, video dan sosmed.

Melancong Coy pada awalnya hanya beranggotakan orang yang berdomisili di Kepri (Kepulauan Riau) saja. Selain itu juga ada beberapa anggota yang berasal dari luar Kepri yaitu Bali. Namun ada juga sobat Melancong Coy dari kota – kota yang lain yang sejauh ini semakin antusias ingin jalan sama atau join bersama tim Melancong Coy. Kami tidak membatasi untuk anggota yang ingin bergabung dengan kegiatan jalan jalan ini. Jadi semua kalangan bisa bergabung dengan Tim “Melancong Coy”.


Kenapa sih Melancong Coy itu Jalan jalan terus ???
Ceritanya gini, Alasan Kami melancong bukan hanya sekadar havefun, bukan sekedar jalan trus bikin postingan di blog, upload foto di sosial media, biar temen-temen yang lain pada baca, show off, "woi aku pernah jelajah ke tempat kek ini loh, pernah mendaki gunung diketinggian sekian loh, jelajah hutann, liat potonya keren-keren kan? Makanya pada kesana dong". Jujur, itu alasan yang dangkal kalii,  yang ada nanti akan tinggi hati dan pamer gak ada ujungnya. Justru setelah mencoba bersatu dengan alam, diri malah serasa kecil, dan tidak ada apa-apanya dibandingkan keindahan alam, entahlah orang lain, jujur kita tim Melancong Coy setelah mencapai tujuan yang kadang melalui proses yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata, itu yg membuat kita menjadi merendahkan hati, tau bersyukur. Jalan-jalan itu bukan sekedar hura dan hoga, yang cuma bisa ngotorin alam dan habiskan uang, justru lebih kepada kepuasan hati, dan lebih tau bersyukur.

Melancong Coy bukan hanya sekedar tim yang melakukan travelling. Awal mula terbentuknya Melancong Coy berawal dari iseng iseng. 



Siapa aja mereka ?


1. Fiqih Komaruzzaman ( IG : @@bungfiqih)

Fiqih Komaruzzaman yang biasa di sapa Bung Fiqih. Bung fiqih inilah dalang dari semua terbentuknya Melancong Coy. Yang salut dari tim ini tidak ada istilah siapa ketuanya dan siapa bosnya namun semua sama pentingnya dan sangat hebat dalam bagiannya. Pria kelahiran 1993 ini yang awal mulanya sendirian mencari sebuah nama dan dapatlah sebuah nama "Melancong Coy". 

Adapun tujuannya memberikan nama tersebut untuk memperkenalkan tempat-tempat menarik,tempat tempat wisata, budaya lokal kepada khalayak ramai khususnya Kota Batam.

Banyak sesuatu yang perlu dipublish dan disampaikan tentang Batam. Siapa yang tau Makam Nong Isa ?, Siapa yang tau kalau Batam punya Air Terjun ?, siapa yang tau Batam punya Pulau yang begitu Indah ? Hanya di Melancong Coy yang mensajikannya dalam bentuk Video Travelling tanpa Plagiat atau menjiplak. Bung Fiqih lah yang merupakan Konseptor sekaligus Host dari apa yang akan disajikan di Melancong Coy.



2. Akhmad Fitriandi (IG: @FitriandyAhmad)


Bicara tentang Video, Artikel, Design, Media Online ataupun yang berkaitan dengan IT (Information & Technology), Nah Akhmad Fitriandi Ahlinya. Andy Capsule itulah sapaan akrabnya. Dengan julukan The Profesor, segala bentuk Editing Video, Design apa saja,  postingan di Sosmed (Twitter, Instagram, Facebook), postingan di Youtube maupun di Website semua dikendalikan oleh ahli yang sangat jago akan itu semua yaitu Andy Capsule. Sampai saat ini video kita sudah rilis 8 edisi dengan sajian yang berbeda beda, selain itu kami juga melaunching behind The scene dalam proses buatannya. Bahkan design logo Melancong Coy pun tercipta di tangannya. Andy Capsule lah  yang berada di balik layar semua itu, dialah The Profesor di Melancong Coy.





3. Agung Raharjo (IG: @araharjo)


Pria yang satu ini Jago dalam Kameramen. Agung Raharjo alias Agung. Melancong Coy kadang tidak memiliki kameramen yang jelas dalam pengambilan videonya, kadang semua bisa jadi kameramen, kadang semua bisa jadi host, kadang semua bisa jadi editor dan kadang semua tak jelas mau napain. Tapi Agung lah yang memiliki kekuatan tertinggi dalam posisi kameramen. Tegas dan berwibawa itulah Agung Raharjo. Agung lah Master Kameramen di Melancong Coy.





4. Jumar fiansah ( IG: @vivin_doankz )


Kadang ada saatnya dimana kita bingung mau Melancong atau jalan kemana lagi. Jumar fiansyah alias Vivin Jagonya. Ini kita dah bingung mau kemana lagi nah vivin yang akan memberikan pancingan lokasi yang harus kita jelajahi. Kecerdasannya sudah jangan diragukan lagi dalam menentukan lokasi jalan jalan untuk video selanjutnya. Namun terkadang vivin juga sebagai back up semua posisi. Kalau nggak ada vivin nggak seru, ya begitulah katanya. Vivinlah Sang Penentu Lokasi di Melancong Coy.





5. Jhon Edward ( IG: @jhon_e_p_g)


Jhon Edward atau biasa dipanggil Jhon. Satu satu orang yang nggak jelas sebagai apa di Melancong Coy. Tapi ya itulah Melancong Coy kalau tak ada Jhon rasanya hambar seperti masakan tanpa garam. Jhon memberikan semangat dan motivasi dalam tim. Jika terjadi perdebatan cukup liat jhon semua beres. Kenapa ? Itulah hebatnya Jhon. Jhonlah Sang Pemberi Semangat dan Motivasi di Melancong Coy.





Nah itulah barusan penjelasan ke lima orang yang Mendirikan Melancong Coy. Tapi perlu dipahami bersama kalau Melancong Coy bukan hanya berlima tapi banyak dan tak terhingga. Siapapun yang jalan dengan kami itulah Melancong Coy.


Jalan jalan itu memang penuh dengan pengalaman baru . Kita akan disuguhkan dengan pengalaman unik dari masing-masing tempat, perjalanan, teman yang tentunya membekas di hati dan tersimpan selalu di memori otak dan kamera dalam bentuk foto maupun video.

Tim Melancong Coy mungkin nggak secara langsung dapet inspirasi saat atau setelah jalan jalan tapi tentunya ketika kita pernah berada di tempat lain, kita akan mengetahui kehidupan dan kebudayaan orang-orang sekitar yang bisa kita contoh hal-hal yang baiknya, atau bahkan membuat kita semakin mensyukuri apa yang telah kita dapat selama ini.




Tempat - tempat yang pernah di Lancongi Melancong Coy



Melancong Coy di Hutan Mangrove, Tanjungpinang

Melancong Coy di Gunung Bintan, Bintan

Melancong Coy di Pulau Penyengat

Melancong Coy di Makam Nong Isa, Batam

Melancong Coy di Pulau Ngenang, Kepulauan Riau

Melancong Coy di Candi Borobudur, Magelang




Melancong Coy di Candi Prambanan, Yogyakarta

Melancong Coy di Nusa Dua Beach, Bali

Melancong Coy di Yellow Bridge, Nusa Ceningan Island

Melancong Coy di Marina Bay, Singapura

Melancong Coy di Batu Caves, Malaysia

Melancong Coy di Petronas Tower, Malaysia

Melancong Coy di Sky Bridge, Langkawi Island


Inilah sedikit foto kami Melancong Coy dalam cerita Pelancongan kami...
Baca juga cerita cerita Pelancongan kami di Pelosok Indonesia dan Backpackeran kami di Negeri Tetangga pada Laman Blog.
Lihat Foto Foto dan Video Video kami pada Laman Foto dan Video
Jangan lupa Follow twitter kami @melancongcoy dan Instagram kami @melancongcoy. 
Dan video Melancong Coy di Channel Youtube kami disini aja. 
Banyak sekali keindahan tempat yang kita share disana dengan tujuan sebagai sumber Inspirasi.

6 comments:

  1. setelah baca artikel ini rasanya pengen melancong juga.



    bbm mod

    ReplyDelete
  2. Semoga melancong.coy terus eksis dan tambah banyak destinasi yang dikunjungi. Salam kenal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin Amin.....
      Ingin baru ingin eksis kembali setelah fakum 2 tahun...
      Salam Kenallll

      Delete