Monday, 19 December 2016

Solo Traveling ke Tromso - NORWEGIA

SOLO TRAVELING KE TROMSO - NORWEGIA
Created by Wien Saleh


Hay semua Sahabat #MelancongCoy. Mau sharing dikit nih, mungkin ada beberapa dari temen2 yang punya rencana liat aurora /nothern light mumpung udah winter ini. Sebenernya rada males nulis tapi berhubung banyak temen2 yang nanya, ya sudah lah saya tulis aja disini, biar gak bolak balik jelasinnya. 

Awal February 2016 gw solo traveling sendiri ke Tromso -Norway buat liat aurora yang dari kapan tahu pengen banget liat dengan mata kepala sendiri. Suhunya waktu itu sekitar -15 s/d -18 kebayang ya dinginnya kayak apa. Pake baju aja sampe 4-6 lapis, badan udah keberatan bawa baju 😬😬

Kenapa gw pilih Tromso? Setelah cari informasi mengenai negara2 dan kota2 mana aja yang selalu dilewati nothern light, akhirnya gw pilih Tromso, yang mana letaknya 350km dari north artic circle nya, jadi kesempatan buat melihat aurora lebih banyak. Pada saat itu ada beberapa daerah di Norway yang sudah saya google salah satunya Lofoten Island, Bodo, Senja, Tromso. di antara semuanya chance paling besar pada saat gw kesana itu adanya di Tromso. Singkat cerita terbanglah gw ke Oslo (OSL)terus lanjut lagi dengan domestic flightnya ke Tromso (TOS) dengan Scandinavian air dengan waktu tempuh 2 jam dari Oslo.

Landed di Tromso waktu itu sekitar jam 4 sore, tapi karena winter kayak berasa udah jam 9 malem. Tromso inj kota kecil yang sekeliling airportnya dikelilingin gunung gunung berselimut salju. Sumpah takjub banget liat sekelilingnya. Dingin? Jangan di tanya, udah sampe ketulang sampe muka aja udah perih saking dinginnya.

Beberapa pertanyaan yang sering di tanya sama temen2 nih

1. Apa aja sih yang perlu di bawa dengan cuaca sedingin itu?
Pastinya baju2 anget ya dan juga windproof jacket, booth or hiking shoes juga bisa. Jangan pake booth kulit, karena saljunya disini dalem2, dan juga bikin booth mu cepet rusak. Thermal sock and thermal legging kalo buat perempuan or thermal pants itu sangat membantu banget buat nahan dingin. Sarung tangan and kupluk and syal wajib, yah pokoknya tergantung badan kita deh seberapa kuat nahan dinginnya. Seperti yang gw bilang gw aja sampe pake 6 lapis. Terus anti slip shoes inj berguna banget buat jalan biar kgk kepeleset, krn jalanannya udah icy banget.

2. Transportasinya gimana susah gak?
Sistem teansportasi di Tromso termasuk gampang, public bus itu setiap jam ada bahkan tiap 15 min sekali lewat. Itu untuk dalem kotanya ya. Kalo dari airportnya ada airport bus (flybussen nama busnya) yang ke city center, bisa beli tiketnya online atau bisa beli langsung sama supirnya. One way tiket 89 NOK (Norwegian Krone) , return tiket 120NOK.
Kalo yang ke city bisa pake bus nomer 40 atau 42 bisa nunggu di halte bus seberang parking lot airport, tiketnya 45 NOK berlaku 1,5 jam dari naik pertama. Jadi kalo masih naymbung bus lagi tinggal tunjukin tiketnya ke supir, selama masih dalam waktu 1,5 jam gak kena charge lagi.

3. Untuk solo traveler aman gak sih?
Aman banget, buktinya gw masih pulang kok dari Tromso. Dan jangan khawatir orang2 sana itu sangat membantu banget sama turist, mayoritas juga berbahasa inggris.

4. Makanan gimana mahal gak?
Yah kalo makanan tergsntung selera masing2 ya dan tergantung budget. Berhubung gw orgnya gak bisa makan fast food atau mie instant jadi menurut gw hrganya masih terjangkau sih. Buat temen2 BD yg suka bawa mie instant mungkin sangat membantu sekali.
Bisa juga beli fresh sandwich di toko2 kyk seven eleven gitu ada banyak di sana.
Untuk minum mending bawa tumbler deh biar bisa refil air, disana airnya seger banget. Kalo beli air kemasan lebih mahal jatohnya.

5. Hotel gimana mahal gak?
Lagi, tergantung budget ya, kalo di centrum sih ya mahal lah, gw pake air bnb yang waktu itu permalemnya $25 ini di daerah perumahan gak begitu jauh sih dari centrumnya kira2 20-30 min jalan kaki. Dan pemandangan dari rumah bener2 bagus berasa kayak fairytale.

6. Apa aja yang bisa dilihat di sana selain Aurora?
Banyak , bisa liat polaria museum, tromso churchnya juga bagus, kalo yg suka buku bisa mampir ke perpustkaannya, sekedar jalan2 melintasi jembatan yg menghubungkan pulaunya dengan pemandangan yg spectacular. Cable car juga ada, cuma sayang waktu masih tahap renovasi.

7. Gimana caranya bisa liat aurora gitu?
Gampang ambil aja paket tour. Disana banyak banget agent2 tour untuk aurora. Kemarenan gw pake agent Tromso safari, gw ambil paket Aurora Base Station. Yang mana kita gak perlu hunting, ada base sendiri yg mana auroranya suka nongol di daerah tertentu, jd mereka selalu mengacu ke aurora forcastnya. Ada juga paket aurora chacthing bus, kalo paket ini istilahnya berburu aurora dari point satu ke point lainnya tergantung pergerakan forcast, jd turun naik bus ngejarin aurora, kalo punya budget lebih bisa ambil paket komplit dgn dog /husky slidingnya.

Untuk paket yg gw ambil itu fasilitanya udah termasuk transport pp dari pick up point, thermal jacket , free snack and hot drink, ada campfirenya juga buat ngangetin badan, camera setting kalo ada bawa kamera manual ya, tripod juga disediain tapi gak banyak, plus bisa minta fotoin sama photograper tournya sekalian, itu semua cuma ngeluarin duit €100, lumayanlah buat liat aurora nonstop 6 jam. Siap2 sakit leher dan kedinginan ya 😄
Kalo dateng sekitar bulan feb awal disan ada festival tahunan, namanya festival sami. Sami ini adalah suku norway tertua yang masih ada. Sayang waktu itu gw keburu balik di hari festival itu berlangsung.

Kira kira itu dulu yang bisa gw sharing, kalo ada yang udah pernah kesana dan mau nambahin silahkan, yang mau share infonya juga silahkan gak perlu ijin. Semoga bisa membantu temen2 mewujudkan mimpi jadi kenyataan melihat dancing aurora.


#BDTromso #BDNorway #BDAurora #MelancongCoy

Photo curtesy by tromso safari
Photo curtesy by Tromso safari
Base camp untuk aurora base station
View dari dalem kamar air bnb tempat gw tinggal, kayak lukisan ya. Liat gini aja udah males keluar
Jarang nemu org jalan, ketemu satu aja udah bahagia bearti aku tidak sendiri. Fotondi ambil saat sunrise mau ke centrum



Ingin tulisanmu di Publish di melancongcoy.com ? kirimkann tulisan cerita perjalananmu ke email melancongcoy@gmail.com dengan subjek "Tulisan Pelancong".

0 komentar:

Post a Comment